Kamis, 23 Mei 2019

Sebelum Beli Komputer Murah, Ketahui 6 Kebiasaan yang Membuat Komputer Cepat Rusak

Sebelum Beli Komputer Murah, Ketahui 6 Kebiasaan yang Membuat Komputer Cepat Rusak

Demi menghemat pengeluaran, Anda memutuskan untuk membeli komputer dengan harga murah. Daripada membeli komputer mahal tapi hanya digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah saja, lebih baik beli komputer murah. Yang penting tetap bisa berfungsi dengan baik dan semua tugas kuliah selesai tepat waktu.

Ketika ingin membeli komputer, memang ada banyak pertimbangan. Selain disesuaikan dengan kebutuhan, perlu juga untuk menyesuaikan dengan anggaran Anda. Tidak masalah Anda membeli komputer dengan harga murah atau pun harga mahal. Yang terpenting, kebutuhan Anda yang lain tidak terganggu setelah Anda mengeluarkan uang untuk membeli komputer.

Baik komputer murah maupun komputer mahal memiliki risiko yang sama untuk mengalami kerusakan. Apalagi kerusakan yang dikarenakan oleh human error. Secanggih apapun komputer yang Anda miliki, kalau penggunanya memakai komputer secara sembarangan, ya sama saja. pada akhirnya komputer akan cepat rusak dan tidak awet.

Di bawah ini adalah beberapa kebiasan yang mungkin tidak Anda sadari berpotensi membuat komputer Anda cepat rusak :

1. Meninggalkan komputer dalam keadaan menyala
Kebiasaan pertama adalah meninggalkan komputer dalam keadaan menyala begitu saja. Sebenarnya ini bukan hal yang fatal. Tapi kalau Anda meninggalkannya tanpa pengawasan padahal di sekitar Anda banyak anak kecil, tentu bisa berakibat fatal. 

Kalau Anda mempunyai kebiasaan ini, coba kurangi mulai dari sekarang. Minta tolonglah kepada orang sekitar untuk mengawasi komputer Anda. Juga akan lebih baik kalau Anda meletakkan komputer di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

2. Tidak memakai proteksi untuk browsing
Kebiasaan kedua adalah Anda browsing tanpa memakai proteksi. Padahal internet sangat rawan dengan penyebaran malware dan virus. Tanpa adanya perlindungan terhadap hal-hal tersebut, komputer Anda akan mudah terinveksi virus. Jadi kalau Anda sering browsing, lebih baik Anda juga memasang Antivirus agar komputer Anda tetap aman dari virus dan malware.

3. Komputer overheat
Kebiasaan ketiga adalah Anda memakai komputer sampai overheat. Kebiasaan ini tentu saja tidak baik. Komputer yang sering overheat tidak akan awet, baik itu komputer murah maupun komputer mahal. Jadi jangan paksa komputer Anda untuk melakukan tugas berat hingga menyebabkan perangkat tersebut overheat. Jika sudah memakai komputer dalam waktu yang lama, jangan lupa beristirahat sembari mendinginkan komputer. 

4. Menghidupkan komputer saat tegangan listrik tidak stabil
Kebiasaan keempat adalah Anda tetap menghidupkan komputer padahal tegangan listrik sedang tidak stabil. Ini juga berpotensi membuat komputer Anda cepat rusak. Jadi, kalau tegangan listrik tidak stabil, tunggu dulu sebentar hingga tegangannya kembali stabil dan Anda bisa kembali menyalakan komputer.

5. Terlalu sering memukul komputer
Kebiasaan kelima adalah Anda sering memukul komputer. Gara-gara kesal komputer lemot, lantas Anda memukul komputer sambil berharap perangkat tersebut bisa kembali bekerja optimal.  Sayangnya, terlalu sering memukul komputer bukan kebiasaan yang baik karena berpotensi membuat komputer cepat rusak.

6. Menginstall aplikasi terlalu banyak
Kebiasaan keenam adalah Anda menginstall aplikasi terlalu banyak. padahal dari sekian banyak aplikasi yang dipasang, tidak semuanya dipakai. Hanya aplikasi itu-itu saja yang Anda gunakan. Semakin banyak aplikasi di dalam komputer, semakin berat pula kinerja komputer. Jika Anda tidak ingin komputer Anda cepat rusak, hilangkan kebiasaan ini.

Demikian enam kebiasaan yang bisa membuat komputer Anda cepat rusak. Dari keenam kebiasaan tersebut, kebiasaan mana yang paling sering Anda lakukan? Ayo hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar komputer murah yang Anda beli tetap awet dan tidak cepat rusak.

0 komentar:

Posting Komentar