Minggu, 17 Maret 2019

Pilihan Alat Tulis yang Harus Dimiliki Pelajar

Pilihan Alat Tulis yang Harus Dimiliki Pelajar

Saat ini sudah banyak yang jual alat tulis dengan desain yang lucu dan menarik. Tentunya hal tersebut akan menambah semangat anak untuk pergi ke sekolah. Selain desain yang menarik fungsi dan kegunaan alat tulis juga sangat penting untuk menunjang kelancaran belajar. Berikut ini beberapa alat tulis yang harus ada di dalam tas sekolah pelajar.

1. Tempat Pensil

Peralatan ini gunanya sangat penting untuk menyimpan alat tulis sehingga tidak mudah hilang. Saat ini tempat pensil tidak hanya berbentuk kotak saja, melainkan banyak bentuk dan karakter yang menarik dibuat. 

Ada yang berbahan plastik agar tahan air, ada yang berbahan kain dengan karakter lucu. Ada juga yang berukuran besar ataupun kecil yang akan membuat pelajar menjadi lebih semangat sekolah. 

2. Penghapus 

Alat tulis ini wajib dimiliki oleh pelajar untuk menghapus kesalahan tulisan. Khususnya bagi pelajar sekolah dasar kelas awal yang harus memiliki benda satu ini. Penghapus saat ini juga memiliki variasi yang banyak. 

Tidak hanya sekedar berwarna putih dan hitam, melainkan berbagai warna ada seperti kuning, hijau, dan oranye. Bentuknya pun semakin beragam, banyak karakter komik dan kartun menjadi gambar dalam penghapus. Jika Anda sebagai orang tua ingin membeli anak alat tulis yang lengkap, jangan khawatir karena sudah banyak toko yang jual alat tulis.

3. Pensil 

Alat tulis yang satu ini tidak kalah penting. Pensil digunakan untuk menulis hal-hal yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Menulis dengan pensil dapat dengan mudah dihapus dengan bersih dan tidak ada bekas tertinggal. Pensil juga mengalami inovasi-inovasi yang menarik dengan berbagai macam warna dan bentuk yang lucu. Jadi akan lebih menarik untuk digunakan pelajar. 

4. Bolpoin 

Bolpoin atau pulpen juga merupakan alat tulis yang wajib dimiliki. Sama seperti pensil yang digunakan untuk menulis, namun bolpoin biasanya digunakan untuk sekolah dasar kelas 4-6 karena pada saat pelajar berada pada kelas 1-3 mereka belajar untuk menulis dan membaca, oleh karena itu lebih baik menggunakan pensil karena akan lebih mudah dihapus jika terjadi kesalahan. 

5. Penggaris  

Penggaris menjadi salah satu alat tulis yang wajib ada di tempat pensil pelajar. Alat tulis ini selain digunakan untuk mengukur juga digunakan untuk membuat garis-garis dalam menggambar, membuat tabel dan sebagainya. Pelajar wajib memilikinya karena dalam beberapa pelajaran seperti matematika dan menggambar dibutuhkan penggaris agar lebih rapi dan mudah dipahami oleh pelajar. 

6. Busur

Alat tulis yang satu ini digunakan untuk mengukur sudut dalam pelajaran matematika. Jika penggaris digunakan untuk mengukur garis lurus, busur akan digunakan untuk menggambar sudut. 

Ada dua jenis bahan untuk busur yaitu plastik dan kaca. Tidak ada perbedaan yang jauh antara kedua bahan tersebut. Mungkin perbedaannya pada ketebalan busur. Jika plastik biasanya lebih tipis daripada yang terbuat dari kaca. 

7. Buku Tulis 

Pelajar wajib memiliki buku tulis, karena semua materi yang dijelaskan guru dan beberapa tugas akan dikerjakan di sana. Untuk lebih mempermudah pelajar dalam membedakan buku antara satu pelajaran dengan yang lain, maka buku perlu disampul dan diberikan identitas buku digunakan untuk mata pelajaran apa. Saat ini sampul sudah memiliki ragam yang menarik ada yang bergambar batik ataupun tokoh kartun.

Demikian beberapa alat tulis yang wajib dimiliki oleh pelajar. Saat ini sangat mudah untuk membeli alat tulis dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus pula. Anda bisa membelinya di toko yang jual alat tulis terdekat. 

0 komentar:

Posting Komentar