Senin, 11 Februari 2019

Inilah Penyebab dan Akibat yang Ditimbulkan Ketika Knalpot motor Bocor

Inilah Penyebab dan Akibat yang Ditimbulkan Ketika Knalpot motor Bocor

Knalpot motor merupakan salah satu komponen motor yang berperan mengeluarkan gas hasil pembakaran. Knalpot juga berfungsi meredam suara mesin. Dalam hal ini dikarenakan proses pembakaran yang berlangsung di dalam ruang mesin akan mengeluarkan suara bising. Maka dengan adanya knalpot, suara bising tersebut dapat diredam dengan baik.

Keberadaan komponen ini sangat penting bagi sebuah motor. Jadi Anda sebagai pemilik motor juga perlu memperhatikan kelayakannya. Jangan sampai lalai merawat knalpot agar fungsinya tetap optimal. Masalah yang sering timbul pada komponen ini ialah knalpot bocor. 

Penyebab Knalpot Bocor

Apa saja hal-hal yang menyebabkan knalpot motor bisa bocor? Berikut uraiannya.

1. Knalpot berkarat
Ketika komponen ini berkarat dan tidak segera diatasi, maka lambat laun karat tersebut akan membuat knalpot menjadi keropos. 

2. Knalpot dimodifikasi
Apakah Anda salah satu orang yang hobi memodifikasi knalpot? Jika iya, maka bersiaplah mendapati knalpot bocor. Modifikasi knalpot yang tidak sesuai standart cenderung berisiko pada knalpot itu sendiri. Jadi apabila ingin memodifikasinya, pastikan Anda menyerahkannya pada orang yang benar-benar ahli modifikasi.

3. Knalpot berair
Di musim penghujan seperti ini knalpot akan lebih sering terkena air hujan. Bukan tidak mungkin air hujan ini akan masuk ke dalam lubang knalpot. Hal ini mengakibatkan korosi (keropos). 

Akibat Knalpot Bocor

Ketika menyadari bahwa knalpot sudah bocor, ada baiknya Anda tidak menunda untuk membawanya ke tempat servis. Knalpot bocor yang tidak segera ditangani akan menimbulkan beberapa efek samping. Berikut adalah beberapa akibat yang ditimbulkan saat knalpot motor dibiarkan bocor.

1. Suara mesin berubah kasar
Seperti yang sudah disebutkan di atas, knalpot juga berfungsi sebagai peredam suara. Nah, ketika knalpot bocor, maka sudah pasti suara pembakaran tidak bisa diredam sehingga akan membuat motor menjadi sangat bising dan kasar. 

2. Motor boros BBM
Tidak hanya suara mesin berubah menjadi kasar, motor yang semula irit bahan bakar pun akan mendadak menjadi boros saat knalpot bocor. Ini disebabkan sisa bahan bakar yang mengalami pembakaran turut keluar bersamaan dengan gas buang. Itu artinya kebutuhan bahan bakar motor semakin banyak. 

3. Pembakaran tidak maksimal
Proses gas buang tidak berlangsung secara optimal akibat knalpot bocor. Hal ini karena campuran udara dan bahan bakar yang tidak dapat diproses dengan baik. Alhasil tenaga yang dihasilkan oleh motor tidaklah segarang biasanya. Bukankah ini akan sangat mengganggu perjalanan Anda?

4. Knalpot mengeluarkan letupan
Mungkin Anda sudah sering menjumpai sepeda motor yang bagian knalpotnya mengeluarkan letupan yang cukup mengagetkan. Ternyata hal ini terjadi karena knalpot bocor. Adanya kebocoran ini membuat gas buang tidak keluar melalui knalpot, melainkan keluar dari lubang lainnya.

5. Overheat pada motor
Saat proses pembakaran tidak berlangsung dengan maksimal, hal ini akan membuat motor menjadi lebih mudah overheat. Jika keadaan ini berlangsung terus-menerus, bukan tidak mungkin motor akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

Demikianlah informasi tentang akibat dan penyebab mengapa knalpot motor bisa bocor. Agar komponen tersebut berfungsi dengan baik dan memiliki umur yang panjang, usahakan untuk melakukan perawatan secara rutin. 

Rajin-rajinlah membersihkan knalpot dari air maupun karat. Akan tetapi jika knalpot sudah terlanjur rusak dan kerusakan atau kebocoran sudah parah, tidak ada pilihan lain bagi Anda selain menggantinya dengan yang baru. Pada intinya jangan menunda melakukan perawatan atau servis motor apabila Anda mendapati ada sesuatu yang tidak beres pada motor maupun komponen-komponennya.

0 komentar:

Posting Komentar